topbella

Minggu, 01 September 2013

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN INTERNET DI DUNIA


1.SEJARAH INTERNET

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun1969, melalui proyek ARPAyang disebutARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardwaredan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
B.SEJARAH INTERNET DUNIA
Sejarah Internet dimulai pada tahun 60-an, yaitu ketika Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas. Selanjutnya, beberapa program penelitian mulai dilakukan untuk melihat mekanisme pengaitan jaringan-jaringan yang berbeda secara fisik. Salah satu solusi yang muncul dari penelitian-penelitian tersebut adalah teknik packet switching. Pada teknik packet switching, data atau file berukuran besar yang akan dikirim melalui jaringan komputer terlebih dahulu dipotong menjadi paket kecil-kecil agar lebih mudah ditangani dan lebih Andal. Peneliti utama dalam pengembangan packet switching ini adalah Donald Davies (NPL), Paul Baran (RAND Corporation), Leonard Kleinrock dan kawan-kawan (MIT) dan UCLA Research Programs.

         Pada tahun 1969, Robert Taylor yang baru dipromosikan sebagai kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA (Badan Riset Angkatan Bersenjata Amerika Serikat) bermaksud mengimplementaskan ide untuk membuat sistem jaringan yang saling terhubung. Bersama Larry Robert dari MIT, Robert Taylor memulai proyek yang kemudian dikenal sebagai ARPANET. Sambungan pertama ARPANET terbentuk antara University of California, Los Angeles (UCLA) dan Stanford Research Institute (SRI) pada jam 22:30 tanggal 29 Oktober 1969. Pada tanggal 5 Desember 1969, ada dua jaringan lagi yang yang bergabung, yakni University of Utah dan University of California, Santa Barbara sehingga total terdapat empat (4) simpul jaringan. ARPANET yang berbasis pada teknologi ALOHAnet berkembang sangat cepat. Pada tahun 1981, jumlah simpul yang tersambung menjadi 213.

        Selain jaringan untuk penelitian seperti ARPANET dan X.25, para hobbiis komputer juga mengembangkan teknik jaringan sendiri yang kemudian cukup populer, yaitu UUCP. Masalah terbesar pada teknik ini adalah bagaimana supaya berbagai jenis peralatan jaringan, seperti telepon, radio, kabel LAN yang secara fisik sangat berbeda dapat berkomunikasi satu sama lain. Keberagaman media fisik jaringan mendorong pengembangan tatacara komunikasi (protokol komunikasi) yang mampu melakukan internetworking, sehingga banyak jaringan kecil dapat saling tersambung menjadi satu menjadi jaringan komputer maha besar.

          Kumpulan tata cara komunikasi atau protokol Internet memungkinkan jaringan komputer dibangun menggunakan saluran fisik yang berbeda. Dalam bahasa yang sederhana, komputer yang terhubung menggunakan telepon, dapat berkomunikasi dengan komputer yang tersambung ke jaringan LAN maupun jaringan radio. Hal ini mendorong terjadinya inter-network (antar jaringan) secara global yang kemudian hari kita kenal sebagai “Internet”.

        Selain protokol Internet, hal lain yang tidak kalah penting dalam perkembangan Internet adalah metode pengalamatan di Internet. Jon Postel dari Information Science Institute (ISI) di University of Southern California (USC) adalah orang yang sangat berjasa di balik berbagai alokasi alamat IP Internet, manajemen Domain Name System (DNS), tipe media, dan berbagai alokasi nomor untuk tata cara komunikasi penting di Internet. Hingga wafatnya pada tanggal 16 Oktober 1998, Jon Postel mengelola Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Pada tanggal 21 Juli 1998, Jon Postel memperoleh Silver Medal dari International Telecommunications Union (ITU) atas jasa-jasanya membangun Internet di dunia. Saat ini, IANA dioperasikan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

Komersialisasi dan privatisasi Internet mulai terjadi pada tahun 1980-an di Amerika Serikat dengan di ijinkannya Internet Service Provider (ISP) untuk beroperasi. Internet mulai booming pada tahun 1990-an. dan menjadi kunci pemicu perubahan dalam budaya dan dunia usaha. Internet menawarkan pola komunikasi cepat menggunakan e-mail, diskusi bebas di forum, dan Web.
C. DAFTAR KEJADIAN PENTING
Tahun
Kejadian
Uni Soviet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.
Sebagai buntut dari "kekalahan" Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.
J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Pada tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.
Awal 1960-an
Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.
Pertengahan 1960-an
ARPA mengembangkan ARPANET untuk mempromosikan "Cooperative Networking of Time-sharing Computers", dengan hanya empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.
Istilah "Hypertext" dikeluarkan oleh Ted Nelson.
Jaringan Tymnet dibuat.
Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.
Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai "Bapak Internet"
Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.
Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".
Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.
Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.
Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).
Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.
Pada tahun ini pula,
emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.
Awal 1980-an
Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia.
Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung.
Layanan
BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).
CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari
Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.
1982
Istilah "Internet" pertama kali digunakan, dan TCP/IPdiadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut.
Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut.
Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.
1986
Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.

* Kejadian penting lainnya
Tahun 1971, Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, ikon "@" juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk transmisson contol protokol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Pada tahun yang sama yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran netscape navigator.
D.PERKEMBANGAN INTERNET
Internet telah membuat revolusi baru dalam dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya. Beberapa Penemuan telegram, telepon, radio, dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya Internet yang lebih terintegrasi dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki kemampuan penyiaran ke seluruh dunia, memiliki mekanisme diseminasi informasi, dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.
Internet merupakan sebuah contoh paling sukses dari usaha investasi yang tak pernah henti dan komitmen untuk melakukan riset berikut pengembangan infrastruktur teknologi informasi. Dimulai dengan penelitian packet switching (paket pensaklaran), pemerintah, industri dan para civitas academica telah bekerjasama berupaya mengubah dan menciptakan teknologi baru yang menarik ini.
Perkembangan Sejarah intenet dapat dibagi dalam empat aspek yaitu :
1.    Adanya aspek evolusi teknologi yang dimulai dari riset packet switching (paket pensaklaran) ARPANET (berikut teknologi perlengkapannya) yang pada saat itu dilakukan riset lanjutan untuk mengembangkan wawasan terhadap infrastruktur komunikasi data yang meliputi beberapa dimensi seperti skala,performannce/kehandalan, dan kefungsian tingkat tinggi.
2.  Adanya aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah infrastruktur yang global dan kompleks.
3.  Adanya aspek sosial yang dihasilkan dalam sebuah komunitas masyarakat besar yang terdiri dari para Internauts yang bekerjasama membuat dan mengembangkan terus teknologi ini.
4.  Adanya aspek komersial yang dihasilkan dalam sebuah perubahan ekstrim namun efektif dari sebuah penelitian yang mengakibatkan terbentuknya sebuah infrastruktur informasi yang besar dan berguna. Internet sekarang sudah merupakan sebuah infrastruktur informasi global (widespread information infrastructure), yang awalnya disebut “the National (atau Global atau Galactic) Information Infrastructure” di Amerika Serikat. Sejarahnya sangat kompleks dan mencakup banyak aspek seperti teknologi, organisasi, dan komunitas. Dan pengaruhnya tidak hanya terhadap bidang teknik komunikasi komputer saja tetapi juga berpengaruh kepada masalah sosial seperti yang sekarang kita lakukan yaitu kita banyak mempergunakan alat-alat bantu on line untuk mencapai
sebuah bisnis elektronik (electronic commerce), pemilikan informasi dan berinteraksi dengan masyarakat.
E.INTERNET SAAT INI

           Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL. Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog.
         Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan Windows Live Messenger. Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.

F.BUDAYA INTERNET

          Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim. Perkembangan
Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet.

         Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce. Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.

G.TATA TERTIB INTERNET

     Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket. Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).

H.ISU MORAL DAN UNDANG-UNDANG

         Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian identitas, dan pernyataan kebencian (hate speech), adalah biasa dan sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki Cyberlaw, padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000 oleh Ditjen Postel dan Deperindag.
         UU yang masih ada kaitannya dengan teknologi informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999. Internet juga disalahkan oleh sebagian orang karena dianggap menjadi sebab kematian. Brandon Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas dengan semangat dari teman-teman chatting IRCnya. Shawn Woolley bunuh diri karena ketagihan dengan permainan online, Everquest. Brandes ditikam bunuh, dan dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam Internet.


I.AKSES INTERNET

         Negara dengan akses
Internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar - Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan di dukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang fair dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat "perangkap jebakan" agar supaya si pengguna Internet bayar lebih mahal sampai ber juta-juta rupiah!!, lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet akses seperti warnet , cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus dan di kantor.

        Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.
J.MANFAAT INTERNET

       Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet:
1.    Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani,sosial.
2.  Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan,saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara,ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat
pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaatinternet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.
Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.

209 komentar:

«Terlama   ‹Lebih tua   1 – 200 dari 209   Lebih baru›   Terbaru»
Unknown mengatakan...

Makasih ya blog ini sangat membantu saya ...............



agen tiket murah

Ni Nyoman Yunita Lestari mengatakan...

iyaaa masama..makasi juga sudah berkunjung ^_^

andre mengatakan...

bagus!!!!!

Ni Nyoman Yunita Lestari mengatakan...

makasih komentarnya dan terimakasih sudah berkunjung ^_^

Unknown mengatakan...

makasih,,atas materinya:)

Ni Nyoman Yunita Lestari mengatakan...

iya samasama :) ,makasi juga sudah berkunjung ^_^

Anonim mengatakan...

Ijin sedot kak cuma buat tugas sekolah doang hehe

Ni Nyoman Yunita Lestari mengatakan...

hehe..okey sedot ajah semoga nilainya bagus yah ^^
makasi sudah berkunjung ^^

Anonim mengatakan...

Thanks kk, akhir ny tugas ku kelar...

BY : Rizki Wifra XD

Unknown mengatakan...

Thank'a atas infonya mantep bermanfaat bnget nih... :D

Unknown mengatakan...

thanks ya

cara membuat facebook mengatakan...

ternyata sejarah perkembangan internet seperti ini ya..baru tau ane, thanks sob sudah berbagi artikel yang sangat bermanfaat, trus update yach..salam kenal..

igedearya.web.id mengatakan...

makasih mang

sejarah perkembangan komputer mengatakan...

makasih sob infonya dapat menambah pengetahuan buat saya..

Ni Nyoman Yunita Lestari mengatakan...

@Rizki Wifra : Sama-sama..bagus deh tugasnya udah kelar semoga nilainya bagus yah ^^
@Yudhistira Rezha JanuariyanSyah : Yo'e masama,good deh klo bermanfaat qta sling berbagi info ^^
@Mega Agustina : Urwel ^^

Ni Nyoman Yunita Lestari mengatakan...

@cara membuat facebook : iyahh sama-sama,oke di usahakan trus d updet deh ^^
@GEDE ARYA SURYA GITA : siip okeh :)
@sejarah perkembangan komputer : Yo'e samasama sob,qta sling brbagi info ^^

lang mengatakan...

nice info, sangat membantu tugas, thanks buat berbagi ilmunya, mampir juga ke blog ane

Bang Fad mengatakan...

Bagus se x post nyah
jgn lpa pula kunjungi http://solusipelajaransaya.blogspot.com
byk jg info mnarik

Anonim mengatakan...

terima ksh infonya.. sangat membantu.

Unknown mengatakan...

makasih banyak kak ...

Unknown mengatakan...

kak sya Copas yya,, nnti sya tulis sumbernya ?

Anonim mengatakan...

Kak, saya juga copast ya... Thank's for the information ;)

Unknown mengatakan...

mbak, numpang copas ya
soalnya ada tugas dari guru

Anonim mengatakan...

Thanks kak infonya ngebantu banget:D Izin copas yaa;;)

Unknown mengatakan...

Thanks... sangat membantu. Ada tugas sekolah nih :D

nitip link http://ex-indo-sc.blogspot.com/
Download Anime, Games, Software dalam 1 blog!

Unknown mengatakan...

Thank's ^^ Tulisannya rapi, jadi gak perlu diedit lagi :)
Thank you thank you..

Unknown mengatakan...

Oh iya, kebetulan juga ada tugas. Cara bikin blog kayak gini gimana sih? Pernah nyoba tapi gagal. Mana desainnya jelek.. Pengennya kayak ini, keren.. Please answer sist^^

davidmalelak mengatakan...

thanks

Unknown mengatakan...

copas yaa , HUUUUUUUUUUUU

Unknown mengatakan...

makasih ya atas informasinya :)

Anonim mengatakan...

Masukkan komentar Anda...

Unknown mengatakan...

Ijin copas mbok, atikel membantu sekali
Suksma banget :D

Unknown mengatakan...

saya mau tanya apa boleh saya mengetahui nama facebook kamu???

Unknown mengatakan...

membantu banget ^^

Rungan mengatakan...

makasih gan

Ni Nyoman Yunita Lestari mengatakan...

@lang+@muhammad fadly : okey..trimaksih sudah berkunjung^^
@The Geeks: okey smasma...smoga tugasnya lancar yah^^
@Anonim+@abdul hanan anwari: okeyy..sama2 guys^^
@Genta Pangupo : iyah silahkan^^

Ni Nyoman Yunita Lestari mengatakan...

@Anonim+Setiawan Novianto+Anonim : hehe iyah silahkan guys..^^
@Jonathan Sitohang : hehe okedeh smagat krjain tugas..trims sudah brkunjung^^
@Yurikha Sihandayani : wah trimakasih byk sist^^ oh ya cara bikin blog kaya gini lewat "Btemplates"sist trus pilih model blognya en download entar biasanya ada kok petunjuknya^^

Ni Nyoman Yunita Lestari mengatakan...

@davidmalelak : urwell^^
@Raka Rahadian : iyah silahkan^^
@elma oktaviani : smasma ^^
@maha laxmi : nggeh silahkan gek ^^
@farrel akbar : kan udh ada d blog tu nama fb sy bro^^
@Vira Ramadhani : trimakasih,,sukur deh klo ngebantu^^
@Rungan : oke masama^^

Anonim mengatakan...

This page is very usefull, i'm a bule, live at bandung.
-Zahran Nugraha

Anonim mengatakan...

Thx bgt Infonya

IPS 3 mengatakan...

izin repost ya :)

crissa kim mengatakan...

thanks

Unknown mengatakan...

trimakasih postingannya sangat mmbantu sekali, tugas saya selesai dalam 2 menit jadinya :))

Unknown mengatakan...

Makasih yaa Postnya, numpang copy :)

Unknown mengatakan...

izin copas ya

Anonim mengatakan...

cara bikin blog biar dihias kaya gini gimana sih?

Unknown mengatakan...

Makasih atas materinya. Saya izin mengambil materi dari Blog ini untuk tugas Praktek TIK Sekolah, dengan materi internet.

Unknown mengatakan...

I like your post sis! ijin copas yaah\

Unknown mengatakan...

Bermanfaat banget nih informasinya kak, saya izin mengambil materi ini untuk dishare lagi di blog saya, sebagai tugas praktek TIK di sekolah, terima kasih.

annisasalbiyah mengatakan...

ijin copaas untuk dishare lagi diblog saya

Unknown mengatakan...

makasih atas info yang sangat membantu saya untuk menyelesaikan tugas :)

Alanshaary mengatakan...

Ijin Copas untuk Tugas Sekolah ya

Unknown mengatakan...

makasih yaa infonya
izin copas
tanks

Pink Girl mengatakan...

izin share ya :) makasih

Unknown mengatakan...

Izin share ya.. :) makasih..

bluebox mengatakan...

izin share maksih :)

Amara mengatakan...

Izin repost ya kaka :)

Unknown mengatakan...

IJIN COPY PASTE :) KAKA

najmiflh mengatakan...

makasih atas infonya :)

Unknown mengatakan...

makasih untuk infonya

Unknown mengatakan...

Gitu kali ker , Blog Nya , Romantis

Unknown mengatakan...

Add yang Irmakhoerunisa

Danis mengatakan...

izin kopas buat tugas sekolah ^^,,,,semoga bermanfaat..amiin^^

Unknown mengatakan...

izin copas ah buat blog ..
makasih sist ,bermanfaat , jangan pada lupa blogers mampir ke ane dong galaxyoprek.blogspot.com

Unknown mengatakan...

thank ya..........salam kenal anak sunda,,,,,

Pusat Produk Retail mengatakan...

Postingan yg bagus ..

Rtz mengatakan...

tulisan nya bagus... izin copas ya untuk tugas kuliah... :)

Unknown mengatakan...

i like

Unknown mengatakan...

thanks materinya,, izin share ya.. aku cantumin kok link blog kamu

Unknown mengatakan...

Ijin Copas ^_^

Saya mau mencamtumkan ke blog saya, tapi saya menaruh sumbernya kok, Makasih ^_^

Bagus Artikelnya Bermanfaat (y)

kolina mengatakan...

makasih ya infonya. blognya keren

Unknown mengatakan...

selamat pagi mba
Thx mba untuk infonya..
izin copy ya
ya mba

Unknown mengatakan...

ijin cpoas ya gan

nadia luluk mengatakan...

bagus untuk pengetahuan,sekaligus ijin copas dan kunjung balik tak tunggu..

Unknown mengatakan...

Thanks... sangat membantu. Ada tugas sekolah nih :D
ijin copas ya

Unknown mengatakan...

bagus dan lengkap banget materi nya.. :-)
ijin copas kak buat tugas.. :-D

liliy andriani mengatakan...

thank you for information about sejarah dan
perkembangan internet didunia...

tkj 2 mengatakan...

ijin share yee min!?

Unknown mengatakan...

izin share + copas ya . buat tugas sekolah. mksh sblmnya

Fiqry Firdhan P.P mengatakan...

Izin copas ya buat tugas. Makasih materinya

Jung Putri mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

izin share+copas ya buat tugas hehe
makasih sebelumnya

Unknown mengatakan...

izin copas ya, buat tugas blog :) thx

AA mengatakan...

Izin Copy buat tugas Blog.
Terima kAsih.

awee awee aawee mengatakan...

bagus bgt tugas ini

awee awee aawee mengatakan...

good

allfa mengatakan...

Makasih atas materinxa ya,..... karna denga materi ini saya bisa tau apa ya saya tidak tau...

ari sugiyarto mengatakan...

izin copy ka wat tugas blog ....

Unknown mengatakan...

Mudah di pahami :)
izin share dan copas ya buat tugas.. timaksaih sebelumnya

Nabila Rahma Maulidia mengatakan...

bagus banget^^ kebetulan lagi ada tugas sekolah.. izin copy ya ;)

EL'S Computer mengatakan...

Misi gan, izin share ya :)

Kami menjual Notebook Asus
A555LN-XX395D Graphic

Price Rp 7.499.000

Spesifikasi

Prosessor Core i5-5200U - Up to 2,7GHz

Memory 4GB

HD 1TB

DVD-RW

Layar 15,6”

VGa GeForce GT 840M 2GB

Bluetooth

Grey

Kunjungi website kami untuk Produk" lainnya


Terimakasih...

Unknown mengatakan...

makasih

Unknown mengatakan...

amazing your blog

Moch Diki Widianto mengatakan...

Keren.. Membantu.. Thanks :*

Unknown mengatakan...

izin copas kka

Unknown mengatakan...

Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya artikel tentang sejarah Internet, semoga dapat saling melengkapi



Sejarah dan Perkembangan Internet di Indonesia dan Dunia (Lengkap)










































ishmah indriani mengatakan...

izin copas, thanks

Unknown mengatakan...

terima kasih atas Artikelnya... sangat membantu untuk materi pengajaran...

gbrxn mengatakan...

Makasih banget udah mbantu, cocok banget buat presentasi

Negeri Fiksi mengatakan...

izin copa ya min, buat bahan ebook,...

Bisa dilihat di blog http://sphebook.blogspot.com hasil ebooknya min,

Terima Kasih !!
:-)

Nina Yulinda mengatakan...

Makasi kak :) Izin Copas ya kak :)

Nina Yulinda mengatakan...

Makasi kak :) Izin Copas ya kak :)

Unknown mengatakan...

saya izin copast yaa. ada tugas sekolah nih...

Unknown mengatakan...

saya izin copast yaa. ada tugas sekolah nih...

Unknown mengatakan...

izin copas boleh kan kak?
ilmu nya berguna banget... thanks ya kak

WarungGuru mengatakan...

Izin copy,, untuk murid saya di SMP Islam Gumukmas Jember Jawa Timur

Mitra303 mengatakan...

Agen Judi Online
Agen Judi
Agen Judi Terpercaya
Bandar Judi
Bola Online
Bandar Bola
Agen SBOBET
Agen Casino
Agen Poker
Agen IBCBET
Agen Asia77
Agen Bola Tangkas
Prediksi Skor

Prediksi Skor PANATHINAIKOS VS QABALA 28 Agustus 2015
Prediksi Skor SAINT ETIENNE VS MILSAMI 28 Agustus 2015
Prediksi Skor CHELSEA VS CRYSTAL PALACE FC 29 Agustus 2015
PREDIKSI STOKE CITY VS WEST BROM 29 AGUSTUS 2015
Prediksi Skor GENOA VS HELLAS VERONA 31 Agustus 2015

Unknown mengatakan...

numpang copy paste ya...

Unknown mengatakan...

nice post friend.. makasih banyak ya.. blognya sangat membantu..

Unknown mengatakan...

isin copas yah

khusnaulnisa mengatakan...

izin share bloognya kak

liyha mengatakan...

.izin copy yha...!!!

muhammad zuhri mengatakan...

izin copas yaa...

muhammad zuhri mengatakan...

izin copas yaa...

Unknown mengatakan...

izin sedot kak

BejoBintang7 mengatakan...

haaii, itu gmana yaaa cara buat bintang nya di mous,
ohh iyaa btw ada contoh base coc th 7 gk yaaa?? hehehe
*orgbejo

Frendy Bagus mengatakan...

terima kasih

Unknown mengatakan...

Izin copast author-nim, untuk tugas. Makasih^^

Unknown mengatakan...

mbak ijin copas ya untuk tugas

chrot mengatakan...

Izin Copas Min , Thanks Artikel nya Sangat membantu. :D

Ajeng Meliasari mengatakan...

kakak, aku izin copas untuk tugas prodistik. artikel kakak sangat membantu tugas saya.

LogicFourty mengatakan...

Ya banyak orang pakai tapi tidak tahu sejarahnya, artikel ini sangat mencerahkan..hebatlah.

Unknown mengatakan...

keren banget ..

Unknown mengatakan...

Mantap dah

Unknown mengatakan...

please boleh copy paste gak cma bwt tugas tik nanti ma aku kasih tau siapa yang bikin please

NinaFadilah mengatakan...

ijin kopas

Unknown mengatakan...

postnya sangae membantu thanks
salam kenal

Unknown mengatakan...

akhirnya dapat juga yang panjang makasih min .....!!!

Unknown mengatakan...

Mkasih ^^, Ijin yahh..

virda choirunnisa mengatakan...

blog nya baguus kak ,terima kasih infonya kak

Unknown mengatakan...

izin mnta ya kak

Unknown mengatakan...

izin copas kak

Anna juliana mengatakan...

thanks ya ka. izin copas, hehe.
jangan lupa kunjungi blog aku juga ya ka.

Anonim mengatakan...

kungkingka

Unknown mengatakan...

terimakasih, ini sangat membantu....
izin copas ya...

Unknown mengatakan...

mkasih mbk atas informasinya, emoga dapat bermanfaat..
My blog

Unknown mengatakan...

nice post, thanks for sharing.
obat perangsang wanita
jual obat perangsang wanita
obat perangsang wanita frigid
parfum perangsang wanita
obat perangsang wanita menopause
permen perangsang wanita

internet provider jakarta mengatakan...

Lengkap lho, Mbak. Ijin copas sedikit ya....
:D

jarumpoker mengatakan...

terimakasih sob buat infonya dan salam kenal

togelmarket2 mengatakan...

mantap bos buat artikelnya dan sangat menarik

angkakembar mengatakan...

makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

Tyas's Blog mengatakan...

Izin copas yaa^^

Obat Eksim mengatakan...

terimakasih

Agnes Danang mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Agnes Danang mengatakan...

Makasih atas infonya kak,ijin copas ya diminta pak guru untuk nilai ujian praktek TIK ^^

indowlatoto mengatakan...

bagus sob artikelnya dan menarik

kungfu4d2 mengatakan...

makasih gan buat infonya dan salam sukses selalu

pokervita mengatakan...

keren mas buat infonya da semoga bermanfaat

togel4d mengatakan...

ok sob infonya dan salam kenal

loginfun88 mengatakan...

Makasih atas limpahan ilmunya

pelangiQQ mengatakan...

♥♦♣♠ PELANGI KOIN ♠♣♦♥

TERSEDIA 8 PERMAINAN DALAM 1 USER ID :
BANDARQ
ADUQ
BANDARPOKER
POKER
DOMINO99
CAPSASUSUN
SAKONG
BANDAR66

BANK TERSEDIA : BCA,MANDIRI, BRI, BNI, DANAMON
NB : PENGGUNA BANK DAERAH ? ATAU PENGGUNA JASA TRANSFER ?
KAMI TERIMA SEMUA JENIS NYA DAN PROSES SECEPATNYA DEPO & WD ANDA BOSS

-DENGAN MINIMAL DEPOSIT SANGAT TERJANGKAU, 20 RIBU
-MENYEDIAKAN BONUS KOIN TERBESAR & JACKPOT BERLIMPAH SETIAP HARINYA
-TRANSAKSI SEMUA BANK 24 JAM,TANPA SYARAT
-TIPS & TRIK JITU MENANGKAN JUTAAN KOINNYA SETIAP HARI DARI CS PROFESIONAL

JANGAN RAGU LAGI, SEGERA DAFTAR, DAN MENANGKAN JUTAAN-RATUSAN JUTA KOIN NYA SETIAP HARI

BOSS MENANG, KAMI SENANG
WD TANPA BATAS

WA: +855963935880
BBM : E3F4F0DF
LINE : PELANGIKOIN
FB : PELANGI KOIN
IG : PELANGI_KOIN

dingdongtogel mengatakan...

makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

bioskop4d mengatakan...

dan salam kenal sob

kera4d mengatakan...

bagus bos artikelnya dan menarik

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

Miss Evelyn mengatakan...

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya ) memiliki nilai yang sangat besar dan
usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)

fun88login mengatakan...

sengangat terus ngeblognya mazz..

totojitu mengatakan...

Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
Penasarankan Game nya Seperti apa???
Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

medantoto mengatakan...

makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

dingdongtogel mengatakan...

bagus bos artikelnya dan menarik

majutoto mengatakan...

keren mas buat infonya dan salam sukses selalu

josephine jumawan caballo mengatakan...

Halo semuanya
Nama saya JOSEPHINE JUMAWAN CABALLO, saya tinggal di orion bataan, phillipine. Saya ingin berterima kasih kepada ibu yang baik KARINA ROLAND karena telah membantu saya mendapatkan pinjaman yang baik setelah saya mengalami pinjaman pinjaman online palsu yang menipu saya untuk mendapatkan uang tanpa memberikan pinjaman, saya membutuhkan pinjaman selama 2 tahun yang lalu untuk memulai bisnis saya sendiri di kota orion bataan tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di dubai yang menipu saya dan tidak menawarkan saya pinjaman. dan saya sangat Frustrasted karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di dubai, karena saya berutang bank saya dan teman-teman saya dan saya tidak punya apa-apa untuk dijalankan, pada hari yang sangat setia teman saya memanggil susan Ramirez setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Mrs. KARINA ROLAND LOAN COMPANY, jadi saya terpaksa menghubungi Susan Ramirez dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi Mrs. KARINA ROLAND bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya dipaksa untuk bersikap berani dan saya menghubungi Mrs. KARINA ROLAND dan saya terkejut dengan pinjaman saya yang diproses dan diteruskan dan dalam waktu 6 jam pinjaman saya ditransfer ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus memberikan informasi tentang kerja yang baik dari Ny. KARINA ROLAND jadi saya menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi email Mrs. KARINA ROLAND LOAN COMPANY: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (312) 8721-592 dan saya jamin Anda akan memberikan informasi sebagaimana saya punya selesai dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mrs.karina Roland email saya: (josephinejumawancaballo@gmail.com) semoga Tuhan terus memberkati dan mencintai ibu KARINA ROLAND untuk mengubah kehidupan finansial saya.

totojitu mengatakan...

Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
Penasarankan Game nya Seperti apa???
Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

ANNIKA AMAHLE MOKOENA mengatakan...

Semua terima kasih kepada Ny. KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang telah menjadi peminjam pinjaman.
Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan semua yang saya dapatkan adalah scammer. Saya melamar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya menyerah harapan sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya mencari dan saya memutuskan untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang tentang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali saya pikir itu scam tapi saya melakukan apa yang saya diminta untuk lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND mengatakan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam waktu Anda dengan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur di pagi hari berikutnya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk konfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi begitu saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127.000,00 USD yang merupakan Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman online dan bank saya Manajer terkejut jika ada masih perusahaan pinjaman nyata dan sah secara online saya sangat senang semua berkat MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itu sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum mengajukan permohonan dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

Angga Annisa mengatakan...

Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

Detail Kontak Penuh:

Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

TESTIMONI OLEH
Penerima Manfaat: Angga Annisa
Email: {anggaannisa1979@gmail.com}
Twitter: [@AnggaAnnisa1]

Fatimah fahariah mengatakan...

selamat hari untuk semua orang di Indonesia dan juga untuk semua di Asia, nama saya Ny. Fatimah fahariah, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di internet untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman internet, Allah dukung saya melalui ibu yang baik, Ny. KARINA

Setelah periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak sepanjang waktu, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya mengganti Rp. 17.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengatakan kepada saya untuk menghubungi MRS KARINA, yang adalah pemilik PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, jadi teman saya meminta saya untuk meminta permintaan dari Ibu KARINA , jadi saya mengumpulkan perjanjian dan menghubungi Ny. KARINA

Saya meminta pinjaman sebesar Rp.800.000.000 dengan bunga 2%, jadi saya mendapat pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dan semuanya dilakukan dengan kredit transfer, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer. pinjaman. Saya hanya setuju untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka. untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu jam uang telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp. 800.000.000. Saya sangat senang karena ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memberi saya permintaan hati saya.

Semoga ALLAH memberkati MRS KARINA karena membuat hidup saya mudah, jadi saya meminta siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi MRS KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com untuk pinjaman Anda atau whatsapp +1 (585) 708-3478

Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar ALLAH akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda juga.

KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang sesuai keinginan Anda? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan untuk semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, tingkat bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan saran keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang baik atau ingin memulai bisnis dan memerlukan pinjaman untuk segera membiayainya, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

Hubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang yang Anda inginkan.

Kategori Bisnis

Bisnis Merchandising.
Bisnis manufaktur
Bisnis Hibrid.
Kepemilikan tunggal
Kemitraan.
Perusahaan.
Perseroan terbatas.
pinjaman pribadi.
pinjaman investasi.
Pinjaman Hutang.
Kredit Pemilikan Rumah.
Pinjaman hipotek
Laon otomatis.
Pinjaman pelajar.
Pinjaman bayaran.
Pinjaman syariah.
Pinjaman pertanian.
Pinjaman gereja.

PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
Email: karinaloancompany@gmail.com
Hanya WhatsApp +1 (585) 708-3478.
Nama Facebook: karina elena roland.

kupandu mengatakan...

Dari Sekarang kita tahu bahwa internet adalah raja

AMISHA mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

afizah nazeri mengatakan...

CUKUP CUKUP UNTUK KEBIJAKSANAAN.
PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA ADALAH SATU-SATUNYA JALAN KELUAR DARI KESULITAN KEUANGAN (karinarolandloancompany@gmail.com)
whatsapp .... + 1585 708-3478
facebook ..... elena karina roland
instagram ..... karina roland

Salam, pikiran yang hebat, Ini akan menjadi kesenangan terbesar saya menyelamatkan Individu dan perusahaan dari pemerasan, saya tahu tidak semua orang akan mau mengungkapkan kebenaran pahit tentang Pinjaman online karena ketidakamanan, Waktu melakukannya dan sebagainya. i ”m AFIZAH NAZERI, seorang pengusaha wanita terkemuka yang tinggal di TERENGGANU CITY OF MALAYSIA telah memutuskan untuk membagikan artikel ini kepada siapa saja yang berkepentingan sehingga mereka dapat belajar dan mendidik diri sendiri darinya. Ini buruk sampai Anda melihat kesaksian online tentang mendapatkan pinjaman dan ternyata itu palsu. Sungguh saya telah jatuh untuk trik itu berkali-kali sampai memperpanjang saya kehilangan hampir Rm14.000 total semua atas nama mendapatkan pinjaman untuk diinvestasikan dalam bisnis yang sangat menguntungkan. Setelah begitu banyak upaya yang gagal untuk mendapatkan pinjaman, saya dan Manajer saya online untuk melakukan pencarian menyeluruh dan menemukan perusahaan ini KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY tetapi sebelum mencobanya, kami juga memastikan bahwa semuanya asli, periksa ulasan mereka dan juga pergi ke keberadaan dan kemampuan mereka. Kami sangat berhati-hati karena kami tidak ingin kehilangan sepeser pun lagi dan harapan terbesar kami, mereka memberikan sesuai dengan ulasan mereka dan memberi kami jumlah pinjaman yang diinginkan sebesar Rm80.000. Sebuah kata untuk semua orang di luar sana ketika datang ke Pemberi Pinjaman Online hanya hubungi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY melalui email: {karinarolandloancompany@gmail.com} atau whatsapp +1585 708-3478, dan pertimbangkan semua masalah keuangan Anda ditangani dan diselesaikan. # SHARE, Anda dapat menyelamatkan seseorang dari korban hari ini, Terima kasih.
negara ...... Malaysia
nama ......... Afizah Nazeri
Jumlah yang disetujui ..... Rm80.000
bank ....... BSN (Malaysia)
email ....... afizahnazeri@gmail.com

togelindopools mengatakan...

artikelnya sangat bagus, terima kasih telah membagi informasi tersebut

kinghorsetoto mengatakan...

Yah begitulah, backlink dari google ini memang perlu untuk kita kejar dan kita dapatkan

republiktoto mengatakan...

Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
Penasarankan Game nya Seperti apa???
Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

togelgalaxy mengatakan...

Menarik sekali, perlu saya coba ini..
kebetulan lagi cara tentang hal ini.

Angga Annisa mengatakan...

Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.850juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

Contact Details:

e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
WhatsApp:::+6282274045059
Company::Iskandar Lenders"""""
Loan Amount:::Rp.850juta
Name:::::Angga Annisa
Country::::Indonesia
Occupation:Trader
Year:April,2020

Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

EWITA YUDA mengatakan...

Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.

Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

Yanti Ari mengatakan...

Nama saya Bu Yanti Ari. Saya pemilik bisnis yang menjual kosmetik. Untuk beberapa waktu, saya telah mencari pemberi pinjaman pinjaman yang andal yang dapat saya pinjam untuk mengembangkan bisnis saya dan juga menciptakan pekerjaan untuk orang lain. Pengalaman pertama saya dengan pemberi pinjaman pinjaman internet sangat buruk dan saya kehilangan jumlah 28 juta karena saya mengajukan pinjaman sebesar 600 juta untuk meningkatkan bisnis saya. Setelah pengalaman saya, saya berjanji pada diri sendiri bahwa saya tidak akan pernah meminjam dari internet karena saya ditipu.

Jadi, suatu hari yang setia saya membaca artikel di blog dan setelah saya selesai membaca, saya pergi untuk memeriksa bagian komentar untuk mengetahui pendapat mereka. Saya melihat komentar dari "Dian Pelangi", perancang busana terkenal dan dia berbagi cerita tentang bagaimana dia meminjam pinjaman besar dari perusahaan tempat Nyonya Ana Michael bekerja.

Kemudian, saya memutuskan untuk menghubungi Dian Pelangi, perancang busana terkenal dan saya menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya kehilangan 28 juta karena pemberi pinjaman buruk kepadanya. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana dia memberi tahu saya bahwa semua pencarian saya untuk pemberi pinjaman yang andal sudah berakhir. dia mengirimi saya nomor teleponnya dan saya meneleponnya untuk memastikan karena saya tidak ingin kehilangan uang lagi. dia berbicara dengan saya dan berkata saya harus menghubungi detail perusahaan tempat Nyonya Ana Michael bekerja dan saya akan menerima pinjaman saya tanpa penundaan dan saya harus mencoba untuk berbagi kabar baik saya agar orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk.

Maka saya menghubungi Ibu Ana Michael melalui email: (ANAMICHAELGUARANTYTRUSTLOANS@GMAIL.COM)
Ini email Dian Pelangi: (DIANPELANGIINDONESIA@GMAIL.COM) yang saya hubungi.
Setelah saya menghubungi perusahaan pinjaman, saya diminta untuk menyerahkan semua yang diperlukan dari saya sebagai peminjam dan setelah beberapa saat, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman saya tanpa penundaan atau segala bentuk stres.
jadi, saya menambahkan informasi pribadi saya untuk siapa saja yang mencari pemberi pinjaman yang dapat dipercaya untuk menghubungi saya dan saya siap membantu Anda karena saya ingin orang lain diselamatkan dari pemberi pinjaman yang buruk.

Nama: Yanti Ari
Nomor telepon saya: +62821-1644-0184
Nomor Whatsapp: +62821-1644-0184
Kota: Medan
Email saya: ARIY6261@GMAIL.COM

Saya berdoa semoga Allah mengabulkan orang-orang yang membutuhkan pinjaman untuk melihat kisah saya ini sehingga mereka dapat diselamatkan saat saya diselamatkan. Saya selalu siap membantu siapa saja yang membutuhkan jadi jangan ragu untuk menghubungi saya kapan saja karena saya tidak ingin orang-orang saya jatuh ke tangan pencuri !!!

istanaimpian1 mengatakan...

artikelnya sangat bagus, terima kasih telah membagi informasi tersebut

Anonim mengatakan...

smm panel
smm panel
iş ilanları
instagram takipçi satın al
hirdavatciburada.com
beyazesyateknikservisi.com.tr
servis
TİKTOK JETON HİLESİ İNDİR

Anonim mengatakan...

özel ambulans
en son çıkan perde modelleri
nft nasıl alınır
minecraft premium
en son çıkan perde modelleri
yurtdışı kargo
uc satın al
lisans satın al

sportsbet mengatakan...

Good content. You write beautiful things.
hacklink
sportsbet
mrbahis
vbet
vbet
korsan taksi
taksi
hacklink
mrbahis

betmatik mengatakan...

Good text Write good content success. Thank you
poker siteleri
slot siteleri
tipobet
bonus veren siteler
mobil ödeme bahis
kralbet
kibris bahis siteleri
betpark

furkan mengatakan...

afyon
bahçelievler
bingöl
karşıyaka
tekirdağ
1H36ZH

harun mengatakan...

zonguldak
hakkari
muş
sinop
erzurum

RUJS

Baykal mengatakan...

salt likit
salt likit
F1W

Per2i mengatakan...

tekirdağ
tokat
elazığ
adıyaman
çankırı
4YDBKL

CelestialCipherXY123 mengatakan...

ankara parça eşya taşıma
takipçi satın al
antalya rent a car
antalya rent a car
ankara parça eşya taşıma
KXC7P

Yusuf1 mengatakan...

şırnak evden eve nakliyat
muğla evden eve nakliyat
hatay evden eve nakliyat
niğde evden eve nakliyat
ardahan evden eve nakliyat
CRQ

CountingCaptain369 mengatakan...

https://istanbulolala.biz/
NNBG

39BF6Patricia8EF0E mengatakan...

C7CCE
Manisa Evden Eve Nakliyat
Bingöl Evden Eve Nakliyat
Ankara Asansör Tamiri
Erzurum Evden Eve Nakliyat
Binance Referans Kodu

D4729Tommie0C61B mengatakan...

DFCD8
Ünye Fayans Ustası
Muş Parça Eşya Taşıma
Kocaeli Parça Eşya Taşıma
Tunceli Şehirler Arası Nakliyat
Tekirdağ Parke Ustası
Gölbaşı Boya Ustası
Kırıkkale Şehir İçi Nakliyat
Ankara Şehirler Arası Nakliyat
Isparta Lojistik

9AC2FDarryl5BC28 mengatakan...

117FA
Tunceli Evden Eve Nakliyat
Çorum Parça Eşya Taşıma
Aksaray Şehir İçi Nakliyat
Manisa Evden Eve Nakliyat
Çanakkale Evden Eve Nakliyat
Urfa Şehir İçi Nakliyat
Cointiger Güvenilir mi
Kütahya Şehirler Arası Nakliyat
Denizli Lojistik

5CF42Darnell39F8A mengatakan...

97FAB
Şırnak Evden Eve Nakliyat
Elazığ Lojistik
Çerkezköy Kurtarıcı
Nevşehir Şehirler Arası Nakliyat
Bingöl Şehir İçi Nakliyat
Yozgat Şehirler Arası Nakliyat
Ünye Organizasyon
Elazığ Şehirler Arası Nakliyat
Çerkezköy Çilingir

FA14CDerrickEE8C6 mengatakan...

9B51E
Zonguldak Parça Eşya Taşıma
Mersin Parça Eşya Taşıma
Karapürçek Parke Ustası
Tekirdağ Şehirler Arası Nakliyat
Iğdır Şehir İçi Nakliyat
Kırşehir Şehirler Arası Nakliyat
Çerkezköy Yol Yardım
Ankara Asansör Tamiri
Bilecik Lojistik

31EE3BrendaA4A6D mengatakan...

5313A
Karabük Şehir İçi Nakliyat
Muş Şehirler Arası Nakliyat
Van Şehirler Arası Nakliyat
Kırklareli Evden Eve Nakliyat
Ardahan Lojistik
Kırklareli Şehir İçi Nakliyat
Siirt Şehirler Arası Nakliyat
Antalya Evden Eve Nakliyat
Antalya Şehirler Arası Nakliyat

16FF8Kenya7AE53 mengatakan...

3E933
Aksaray Evden Eve Nakliyat
Afyon Evden Eve Nakliyat
Antalya Lojistik
Karabük Şehir İçi Nakliyat
Balıkesir Evden Eve Nakliyat
Floki Coin Hangi Borsada
Çerkezköy Motor Ustası
Hakkari Lojistik
Btcturk Güvenilir mi

6EF1BScarlett49046 mengatakan...

9CBC8
Kayseri Parça Eşya Taşıma
Ardahan Lojistik
Kütahya Parça Eşya Taşıma
Karabük Şehir İçi Nakliyat
Vindax Güvenilir mi
Tekirdağ Boya Ustası
Ankara Fayans Ustası
Adıyaman Şehirler Arası Nakliyat
Yozgat Evden Eve Nakliyat

639ECShaneEE7E4 mengatakan...

C7E6F
Kripto Para Oynama
Coin Kazma Siteleri
https://resimlimag.net/
resimlimag.net
Kripto Para Madenciliği Nedir
Bitcoin Para Kazanma
Kripto Para Nasıl Üretilir
Madencilik Nedir
Bitcoin Yatırımı Nasıl Yapılır

5EF9AKian85D5E mengatakan...

79A43
Resimli Magnet

0092BEvelin51089 mengatakan...

83340
referans kimliği nedir
resimli magnet
binance referans kodu
resimli magnet
binance referans kodu
resimli magnet
referans kimliği nedir
binance referans kodu
binance referans kodu

«Terlama ‹Lebih tua   1 – 200 dari 209   Lebih baru› Terbaru»

Posting Komentar

Who is Yunita? Click this Paper :)

Foto Saya
Ni Nyoman Yunita Lestari
I Love Purple very much ^_^
Lihat profil lengkapku